Posted by : Unknown Senin, 03 Maret 2014

Pengisi Suara Transformers Wafat




Nama Seizo Katou mungkin masih sangat asing bagi masyarakat kita, namun di Jepang maupun dunia anime, Seizou cukup terkenal sebagai pengisi suara film-film animasi. Baru-baru ini, muncul sebuah kabar bahwa sang aktor telah wafat di usia yang ke-86.

Salah satu anime yang pernah disuarakan olehnya adalah Transformers. Ia terlibat dalam animasi yang telah diangkat ke layar lebar oleh Hollywood itu sebagai sosok Galvatron dan Megatron yang merupakan karakter antagonis.

Dilansir dari Anime News Network (17 Januari 2014), Seizo Katou wafat pada Jumat kemarin pukul 11.40 pagi waktu Jepang di sebuah rumah sakit kota Tokyo. Ia didiagnosa terserang komplikasi kanker kandung kemih.

Upacara pemakaman sang aktor rencananya akan diadakan pada Rabu pagi di bangsal Itabashi kota Tokyo. Orang yang akan menjadi pimpinan pengiringan jenazah adalah istri Katou sendiri, Setsuko.

Nama Katou sebagai pengisi suara veteran sudah dikenal sejak 1960. Selain terlibat dalam animasi Transformers, ia juga berkarier di beragam judul anime lainnya seperti Outlaw Star, Kyojin no Hoshi, dan Elemental Gelade.

Selain itu, Seizo juga muncul sebagai musuh utama dalam beberapa serial superhero (tokusatsu) Jepang. Salah satunya adalah serial Kamen Rider Black RX (Satria Baja Hitam RX) yang sempat populer di Indonesia beberapa tahun lalu. Di situ, ia berperan sebagai General Jark (Jenderal Jack).

Bahkan, Seizo juga tampil dalam judul-judul lain seperti Dengeki Sentai Changeman, Hikari Sentai Maskman, Gekisou Sentai Carranger, Kyoryu Sentai Zyuranger, Tokkyuu Shirei Solbrain, Ninpuu Sentai Hurricaneger, dan Kamen Rider Decade: All Riders vs. Great Shocker.

Pihak agensi Seizo memasang sebuah pernyataan mengenai wafatnya sang aktor. Mereka menegaskan bahwa pihak keluarga dan kerabat sangat berterima kasih kepadanya atas kebaikan selama hidupnya.

Mereka semua mengaku membuat pengumuman tersebut dengan perasaan rendah hati. Selamat jalan Seizo Katou, semoga para pecinta anime mendapat banyak inspirasi darinya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © NODALIMDO - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -